Definisi bentuk organisasi menurut beberapa ahli organisasi Manajemen
Stoner
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui
mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
James
D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan
manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Chester
I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem
aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Stephen
P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity)
sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif
dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Prof
Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikanorganisasi ialah setiap bentuk
persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara
formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam
ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan
seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.
Drs.
Malayu S.P Hasibuan mengatakanorganisasi ialah suatu sistem perserikatan
formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam
mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.
Prof.
Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakanorganisasi adalah struktur pembagian
kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi
yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
James
D Mooney berpendapat bahwa Organization is the form of every human,
association for the assignment of common purpose atau organisasi adalah setiap
bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.
Chester
L Bernard (1938) mengatakan bahwa Organisasi adalah system kerjasama antara
dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or
more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
Paul
Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa Organisasi adalah sekumpulan
orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk
mencapai tujuan bersama. (Organization is a collection people, arranged into
groups, working together to achieve some common objectives).
Oliver
Sheldon (1923) Organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para
individu atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang
diperlukan untuk melakukan tugas-tugas, sedemikan rupa, memberikan saluran
terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi
dari usaha yang tersedia.
Dexter
Kimball & Dexter Kimball, Jr. (1947) Organisasi merupakan bantuan bagi
manajemen. Ini mencakup kewajiban-kewajiban merancang satuan-satuan organisasi
dan pejabat yang harus melakukan pekerjaan, menentukan fungsi-fungsi mereka dan
merinci hubungan-hubungan yang harus ada di antara satuan-satuan dan
orang-orang. Organisasi sebagai suatu aktivitas, sesungguhnya, adalah cara
kerja manajemen.
J.
William Schulze (1949) Organisasi adalah penggabungan dari orang-orang,
benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala sesuatu yang
bertalian dengannya, yang dihimpun dalam hubungan yang teratur dan efektif
untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Harleigh
Trecker (1950) Organisasi adalah perbuatan atau proses menghimpun atau
mengatur kelompok-kelompok yang saling berhubungan dari instansi menjadi suatu
keseluruhan yang bekerja.
Ralp
Currier Davis (1951) Organisasi adalah sesuatu kelompok orang-orang yang
sedang bekerja ke arah tujuan bersama di bawah kepemimpinan.
John
M. Pfiffner & S. Owen Lane (1951) Organisasi adalah proses
menggabungkan pekerjaan yang orang-orang atau kelompok-kelompok harus melakukan
dengan kekuasaan yang diperlukan untuk pelaksanaannya, sehingga
kewajiban-kewajiban yang dilaksanakan demikian itu memberikan saluran-saluran
terbaik bagi penyelenggara usaha yang efisien, teratur, positif, dan
terkoordinasikan.
Ernest
Dale (1952) Organisasi adalah suatu proses perencanaan. Ini bertalian
dengan hal menyusun, mengembangkan dan memelihara suatu struktur atau pola
hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha.
John
D. Millet (1954) Organisasi adalah kerangka struktur dalam mana pekerjaan
dari banyak orang dilakukan untuk pencapaian maksud bersama. Sebagai demikian
itu adalah suatu sistem mengenai penugasan pekerjaan di antara
kelompok-kelompok orang yang mengkhususkan diri dalam tahap-tahap khusus dari
suatu tugas bersama.
John
D. Millet (1954) Sebagai tambahan, organisasi adalah orang-orang yang
bekerja sama, dan dengan demikian ini mengandung ciri-ciri dari
hubungan-hubungan manusia yang timbul dari aktivitas kelompok.
John
Price Jones (1955) Organisasi telah dilukiskan sebagai sistem. Organisasi
adalah struktur dan peralatan yang tersusun dari orang-orang dan benda-benda
dengan mana suatu usaha berencana yang teratur dijalankan.
John
Price Jones (1955) Dalam kata-kata yang lebih sederhana, organisasi adalah
sekelompok orang yang bersatupadu bekerja untuk satu tujuan bersama di bawah
kepemimpinan bersama dengan alat-alat yang tepat.
William
R. Spiegel & Richard H. Lansburgh (1955) Organisasi adalah
hubungan-hubungan struktur di antara bermacam-macam faktor dalam suatu badan
usaha.
Dwight
Waldo (1956) Organisasi adalah
struktur hubungan-hubungan di antara orang-orang berdasarkan wewenang dan
bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi.
Herbert
A. Simon, Donald W. Smithburg and Victor A. Thompson (1956) Organisasi
adalah suatu sistem terencana mengenai usaha kerjasama dalam mana setiap
peserta mempunyai peranan yang diakui untuk dijalankan dan kewajiban-kewajiban
atau tugas-tugas untuk dilaksanakan.
Henry
G. Hodges (1956) Organisasi didirikan sebagai proses pembentukan bagi
macam-macam badan usaha, suatu kerangka yang akan memberikan pembagian
aktivitas-aktivitas yang dilakukan dan untuk pengaturan aktivitas-aktivitas ini
dalam suatu kerangka yang menunjukkan kepentingan tingkatan mereka dalam
hubungan fungsional.
James
G. March & Herbert A. Simon (1957) Organisasi adalah himpunan-himpunan
saling pengaruh manusia dan mereka merupakan himpunan-himpunan paling luas di
dalam masyrakat kita yang memiliki sesuatu yang sama sistem koordinansi pusat.
Luther
Gulick (1957) Organisasi adalah alat saling hubungan satuan-satuan kerja
yang memberikan mereka kepada orang-orang yang ditempatkan dalam struktur
wewenang, sehigga pekerjaan dapat dikoordinasikan oleh perintah para atasan
kepada para bawahan, yang menjangkau dari puncak sampai ke bawah dari seluruh
badan usaha.
Louis
A. Allen (1958) Organisasi formal adalah suatu sistem dari
pekerjaan-pekerjaan yang dirumuskan dengan baik, masing-masing pekerjaan itu
mengandung sejumlah wewenang, tugas dan tanggung jawab tertentu, keseluruhannya
disusun secara sadar untuk memungkinkan orang-orang dari badan usaha itu
bekerja sama secara paling efektif dalam mencapai tujuan mereka
Louis
A. Allen (1958) Kami dapat merumuskan organisasi sebagai proses menetapkan
dan mengelompok-kelompokkan pekerjaan yang akan dilakukan, merumuskan serta
melimpahkan tanggung jawab dan wewenang, dan menyusun hubungan-hubungan dengan
maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerja sama secara paling efektif dalam
mencapai tujuan-tujuan.
PFIFFNER dan SHERWOOD Organisasi
sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling
berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang
bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar,
menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis
BAKKE Organisasi
merupakan sebuah sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan
aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga
membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital,
gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan
Sumber :
Komentar
Posting Komentar