Struktur Organisasi PT Aqua Golden Missisippi Tbk
PT Aqua
Golden Missisippi Tbk
Sebelum kita mulai masuk ke materi yang
akan kita bahas, pasti kalian sudah tahu kan aqua itu apa? iya aqua itu adalah
salah satu merk air minum dalam kemasan di Indonesia, bahkan sudah menembus
pasar dunia yang pendirinya adalah orang Indonesia, sebelum kita mulai membaca
tentang analisa PT Aqua Golden Missisippi Tbk ini, ada baik nya kita
membaca doa dengan keyakinan masing-masing agar bacaan yang telah kita baca
tidak hanya lewat begitu saja, atau terlupakan setelah dibaca. Jika anda
menyimak dan membaca nya dengan penuh keikhlasan, mudah-mudahan ada manfaat nya
bagi kita semua. Sekarang saya akan menjelaskan Apa si itu Aqua? Bagaimana si
berdiri nya Aqua ini? Selamat membaca.
Aqua adalah sebuah merek air minum dalam
kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi Tbk di
Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di
Malaysia, Singapura, dan Brunei. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan
terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal
di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. Saat
ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi Aqua dengan kepemilikan
berbeda-beda (3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 10 pabrik dimiliki
oleh PT Aqua Golden Mississippi, dan pabrik di Brastagi, Sumatera Utara
dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo).
Sejak tahun 1998, Aqua sudah dimiliki oleh perusahaan
multinasional dalam bidang makanan dan minuman asal Perancis, Grup Danone,
hasil dari penggabungan PT Aqua Golden Mississippi dengan Danone.
Aqua Group didirikan oleh Tirto Utomo (1930-1994), warga
asli Wonosobo yang setelah keluar bekerja dari Pertamina, dan bekerja di
Petronas, mendirikan usaha air minum dalam kemasan (AMDK).
Tirto berjasa besar atas perkembangan bisnis atau usaha AMDK
di Indonesia, karena sebagai seorang pionir maka Almarhum berhasil menanamkan
nilai-nilai dan cara pandang bisnis AMDK di Indonesia.
Visi :
AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia
lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak
didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari
hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi
yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume
penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
Misi :
AQUA selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan
konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat
Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).
Sejarah
Aqua untuk saat ini merupakan market leader dalam medan
persaingan berbagai produk air mineral di Indonesia. Posisinya yang kuat
disebabkan oleh faktor Aqua sebagai produk air mineral yang pertama kali hadir
di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi
yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak,
mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas.
Dalam pemasarannya, grup distribusi Aqua memiliki jaringan distribusi air mineral yang terluas di Indonesia, yang mana menembus sampai hampir ke setiap sudut kepulauan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi pasar yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin.
Awal Pendirian
PT Aqua Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 di
Indonesia. Ide mendirikan perusahaan AMDK timbul ketika Tirto bekerja sebagai
pegawai Pertamina pada awal tahun 1970-an dan pegawai Petronas pada awal dekade
1980-an. Ketika itu Tirto bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat.
Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang
disebabkan karena mengonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui
bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa meminum air
minum yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan.
Ia dan saudara-saudaranya mulai mempelajari cara memproses air minum dalam kemasan di Bangkok, Thailand, Ia meminta adiknya, Slamet Utomo untuk magang di Polaris, sebuah perusahaan AMDK yang ketika itu telah beroperasi 16 tahun di Thailand. Tidak mengherankan bila pada awalnya produk Aqua menyerupai Polaris mulai dari bentuk botol kaca, merek mesin pengolahan air, sampai mesin pencuci botol serta pengisi air, karena di Indonesia sama sekali tidak ada. Atasan Tirto, Ibnu Sutowo juga mengatakan : "Aneh Tirto iki, banyu banjir kok diobokke dalam botol".
Tirto mendirikan pabrik pertamanya di Pondok Ungu, Bekasi, dan menamai pabrik itu PT Golden Mississippi dengan kapasitas produksi enam juta liter per tahun. Tirto sempat ragu dengan nama PT Golden Mississippi yang meskipun cocok dengan target pasarnya, ekspatriat, namun terdengar asing di telinga orang Indonesia. Sebelum bernama Aqua, dahulu bernama Puritas (nama lain dari Pure Artesian Water), yang berlogo daun semanggi. Tetapi, Eulindra Lim, mengusulkan untuk menggunakan nama Aqua karena cocok terhadap imej air minum dalam botol serta tidak sulit untuk diucapkan. Ia setuju dan mengubah merek produknya dari Puritas menjadi Aqua, karena kata Puritas sulit diucapkan. Dua tahun kemudian, produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dengan harga jual Rp.75, hampir dua kali lipat harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46/liter.
Uraian Pekerjaan :
1. Dewan Komisaris
- melakukan
pengawasan atas jalannya usaha PT dan memberikan nasihat kepada direktur
- dalam
melakukan tugas, dewan direksi berdasarkan kepada kepentingan PT dan sesuai
dengan maksud dan tujuan PT.
- kewenangan
khusus dewan komisaris, bahwa dewan komisaris dapat diamanatkan dalam anggaran
dasar untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu direktur, apabila direktur
berhalangan atau dalam keadaan tertentu
2. Direktur Utama
- memimpin
perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan
- memilih,
menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer)
- menyetujui
anggaran tahunan perusahaan
- menyampaikan
laporan kepada pemegang saham atas kinerja perusahaan
3. Direktur Keuangan Finance
& Accounting
- Mengelola
fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan
laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat waktu.
- Mengkoordinasikan
dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan
agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang
berlaku.
- Merencanakan,
mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan (cashflow), terutama
pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional
perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
- Merencanakan
dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan
anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien
dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.
- Merencanakan
dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi,
serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi
keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
- Mengkoordinasikan
dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan
dari sisi keuangan bagi pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis,
baik untuk kebutuhan investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan
lainnya
- Merencanakan
dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi
biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan
4. Direktur Pemasaran Sales
& Marketing
- Menentukan
harga jual, produk yang akan dilaunching, jadwal kunjungan serta system promosi
untuk memastikan tercapainya target penjualan
- Memonitor
perolehan order serta merangkumkan forecast untuk memastikan kapasitas produksi
terisi secara optimal
- Memonitor
jumlah stock seluruh Dept. Sales & Marketing untuk memastikan umur stock
perusahaan tidak melebihi target yang telah ditentukan.
- Menganalisa
dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan
area sesuai dg target yang ditentukan
- Menganalisa
dan memberikan arah pengembangan design & warna, untuk memastikan
pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar
- Melakukan
evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh sales team untuk
memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan
- Menerapkan
budaya, sistem, dan peraturan intern perusahaan serta menerapkan manajemen
biaya, untuk memastikan budaya perusahaan dan sistem serta peraturan dijalankan
dengan optimal.
5. Direktur Personalia
- Merencanakan
perekrutan karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen.
- Mengatur
kegiatan yang berhubungan dengan karyawan dan menciptakan suasana kerja
yangnyaman dan berdisiplin.
- Menampung
dan mencari keluhan karyawan.
- Mengatur
dan merencanakan training untuk peningkatan ketrampilan karyawan.
- Bertanggungjawab
terhadap disiplin kerja karyawan.
6. Direktur Produksi
- Mengendalikan
semua proses produksi perusahaan.
- Mengontrol
jalannya proses produksi.
- Bertanggung
jawab atas kelancaran proses produksi.
- Bertanggung
jawab atas hasil produksi.
Unsur – unsur Organisasi
PT. Aqua Golden Missisippi Tbk memiliki banyak unsur dalam
pengorganisasiannya terutama Manusia, kerjasama, tujuan bersama, peralatan, dan
lingkungan. Banyaknya divisi-divisi yang ada mencerminkan unsur manusia
didalamnya. Struktur organisasi perusahaan ini yang bersifat spesialis dan
menyebar, menandakan kerjasama yang sangat erat dan saling berkaitan satu
dengan yang lainnya sehingga dapat melancarkan perusahaan untuk mencapai visi
dan misi serta tujuan bersama.
Teori Organisasi
PT.
Aqua Golden Missisippi merupakan perusahaan yang memiliki banyak divisi dan
pembagian tugas yang merata. Mereka saling membangun satu dengan yang lainnya
yang bermaksud tercapainya tujuan bersama. Kekurangan fungsi suatu divisi,
berarti pengurangan kualitas dan penurunan target dan strategi. Sehingga dapat
dikatakan perusahaan ini tergolong terori organisasi modern.
Organisasi Dari Segi Tujuan
Tujuan
organisasi merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi dan juga
merupakan sesuatu apa yang akan dicapai atau dihasilkan pada kurun waktu
tertentu dalam suatu organisasi / perusahaan. Tujuan juga dirumuskan dalam dua
bentuk yaitu tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Perbedaan kedua
terletak dalam waktu pencapaian dan cara penulisannya. Tujuan jangka pendek biasanya
lebih spesifik dibandingkan jangka panjang.
Sumber : -www.aqua.com
-http://saifuddinra.blogspot.co.id/2014/11/tugas-teori-organisasi-umum-1-analisa.html
Dear : Custumer Import & Domestics
BalasHapusKami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id
CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.
BalasHapusTenda Roder Putih dan Tenda Transparan
Tenda Roder Putih
Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih privasi.
Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda gudang tenda posko kemanan ataupun darurat.
Tenda Transparan
Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.
Spesifikasi Tenda Roder
1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk atap nya, Dan bahan dindingnya ada 550, 410, 880 dan 850.
Bisa disesaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan anda.
Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
2. Memiliki Ukuran yang besar Dan beragam
Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaitu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang bentangan kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
3. Menggunakan rangka allumunium yang tahan terhadap karat. Atau bisa juga menggunakan besi.
4. Cocok digunakan untuk segala jenis acara.
5. Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)
Spesifikasi rangka tenda Roder
1. Bentangan 10
memiliki tebal 65 x 100 x 4 mm
2. bentangan 15
memiliki tebal 85 x 120 x 4 mm
3. Bentangan 20
memiliki tebal 100 x 200 x 4 mm
*tingginya 3 m untuk bentangan 10 dan 15. Serta 4 m untuk bentangan 20. (bisa custom)
Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.
SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00
Anda juga dapat menghubungi kami di :
https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
https://tendagudangbogor.blogspot.com/
https://tendaroderbsm.blogspot.com/
Twitter : @TangerangRoder
Instagram : @tendapameranjakarta
Instagram : @tendagudangjakarta
SHOPEE : @https:tendarodertangerang
TOKOPEDIA :@partisipameran23
PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG
Saya baru saja mengajukan Pinjaman Mobil dari Tn. Pedro dan perusahaan pendanaan investasinya serta Pinjaman Tanpa Subsidi. Setelah melakukan riset pada beberapa pemberi pinjaman, saya memilih Discover karena mereka tampaknya menawarkan beberapa manfaat terbaik di pasar (pada saat ini) dengan suku bunga 2%. Hubungi Tn. Pedro di pedroloanss@gmail.com melalui whatsapp: +393510140339. untuk mengajukan jenis pinjaman apa pun.
BalasHapus